Jumat, 28 April 2017

Perintah Internal DOS

Perintah Internal DOS 

1.

Perintah dir pada disk D untuk mengetahui direktori apa saja yang ada didalam disk D, sebelum dieksekusi



Perintah dir pada disk D untuk mengetahui direktori apa saja yang ada didalam disk D, setelah dieksekusi
   .

2.


Perintah CD untuk berpindah dari direktori satu ke direktori yang lain. Contoh dari direktori D ke direktori Back To School. Perintah tersebut diatas saat sebelum dieksekusi



Perintah CD untuk berpindah dari direktori satu ke direktori yang lain. Contoh ke direktori Back To School. Perintah tersebut diatas saat setelah dieksekusi user sudah berpindah ke direktori Back To School.

3.
 del belum 
Perintah del digunakan untuk menghapus sebuah file sebagai contoh pada file imk.docx. perintah diatas adalah perintah saat sebelum dikesekusi
del sudah
Perintah del (hapus) pada file imk.docx setelah diksekusi terlihat file imk.docx sudah tidak ada didalam direktori disk D.

4.

Perintah “mkdir” digunakan untuk membuat sebuah direktori baru. Sebagai contoh "md TugasJaringanKomputer3" "md ALVINDAEKAAWANTI" untuk membuat sebuah direktori dengan nama system operasi, saat sebelum dieksekusi



Perintah "md TugasJaringaKomputer3" dan "md ALVINDAEKAWANTI". Setelah dieksekusi terlihat direktori (folder) "TugasJaringanKomputer" dan "ALVINDAEKAWANTI" sudah tersedia didalam drive D


5.

Perintah ‘ren’ atau renam untuk mengubah nama sebuah file. Sebagai contoh (Tugas menjadi ALVINDAEKAWANTI). Perintah diatas dilakukan sebelum dieksekusi.


Perintah ‘ren’ atau rename untuk mengubah nama sebuah file (Tugas menjadi ALVINDAEKAWANTI) setelah dieksekusi, terlihat "Tugas" sudah berubah nama menjadi "ALVINDAEKAWANTI".


6.
type belum
Perintah ‘type’ untuk menampilkan isi dari sebuah file teks. Sebagi contoh pada file kasir.txt, perintah tersebut dilakukan saat sebelum dieksekusi.
type sudah
Perintah ‘type’ untuk menampilkan isi dari sebuah file teks pada file kasir.txt setelah dieksekusi terlihat isi dari file kasir.txt ditampilkan.

7.
rmdir belum
Perintah ‘rmdir’ untuk menghapus direktori. Sebagai contoh pada direktori sundus, perintah diatas dilakukan saat sebelum dieksekusi.
rmdir sudah
Perintah ‘rmdir’ pada direktori sundus setelah dieksekusi, terlihat direktori sundus sudah tidak tersedia didalam drive d.

8.
ver belum
Perintah ‘ver’ digunakan untuk mengetahui versi windows yang digunakan user, perintah diatas dilakukan sebelum dieksekusi.
ver sudah
Perintah ‘ver’ setelah eksekusi, terlihat versi wondows yang digunakan oleh user adalah windows versi 6.1.7600.

9.
date belum
Perintah ‘date’ untuk menampilkan tanggal saat ini, perintah diatas dilakukan saat sebelum dieksekusi.
date sudah
Perintah ‘date’ setelah dieksekusi, terlihat tanggal saat itu adal tanggal 03/19/2014

10.
time belum
Perintah ‘time’ untuk mengetahui dan mengeset waktu pada saat ini, jadi disamoping user dapat mengatahui waktu saat ini user juga dapat mengatur ulang waktu. Perintah diatas dialkukan saat sebelum dieksekusi.
time sudah
Perintah ‘time’ untuk mengetahui dan mengeset waktu pada saat ini setelah diubah dan setelah dieksekusi.

11.

Perintah ‘cls’(clear screen) atau memebersihkan layar sebelum dieksekusi.

Perintah ‘cls’(clear screen) atau membersihkan layar setelah dieksekusi, terlihat layar pada command prompt sudah bersih.

12.
vol belum

vol sudah
Perintah “vol” pada direktori c untuk mengetahui atau menampilkan nama label dari sebuah partisi setelah dieksekusi.

13.
chcp belum

chcp sudah
Perintah “chcp” untuk menampilkan code page (kumpulan karakter) dalam bentuk angka yang sedang digunakan setelah dieksekusi

14.
path belum

path sudah
Perintah “path” untuk menentukan di mana MS-DOS harus mencari berkas-berkas yang dapat dieksekusi sebagai program setelah dieksekusi

15.
copy belum

copy sudah
Perintah “copy pada” file kasir.txt unuk dicopy menjadi ksr.txt pada disk d setelah dieksekusi.

16.
set belum

set sudah
Perintah "set" untuk mengeset, menghapus, dan menampilkan variable-variabel lingkungan setelah dieksekusi

17.

Perintah “color white” yang berfungsi untuk mengetahui kode warna putih dan warna yang lain saat sebelum dieksekusi.

Perintah “color white” setelah dieksekusi, setelah dieksekusi cmd menampilkan kode-kode yang dapat digunakan untuk merubah warna sesuai dengan yang kita inginkan.

Perintah “Color E” saat sebelum diekekusi yang berfungsi untuk merubah warna font menjadi warna Light Yellow.

Perintah “Color E” setelah dieksekusi, terlihat warna font pada commond prompt berubah menjadi warna Light Yellow sesuai dengan kode warna yang dimasukkan tadi.

18.
ping belum

ping sudah
Perintah “ping google.com” untuk menguji koneksi jaringan pada alamat googel.com pada saat setelah dieksekusi.

19.
ipconfig belum
Perintah “ipconfig” untuk mengetahui ip address, Gateway, DNS Server, dan hamper semua informasi jaringan internet user saat sebelum dieksekusi.
ip config sudah
Perintah “ipconfig” setelah dieksekusi keluar alamat ip yaitu 192.168.130.26 dan juga informasi jaringan yang user gunakan.

20.
hel belum

help sudah
Perintah “help” saat setelah dieksekusi, terliahat semua perintah-perintah pada windows ditampilkan, ada banyak perintah yag bisa digunakan.

From : sundusanisah

Tidak ada komentar: